Optimalkan Kinerja Samsung Galaxy Mega 5.8 GT-I9150/GT-I9152


Artikel ini saya tulis untuk melanjutkan posting artikel sebelumnya disini. Dari spesifikasi Samsung Galaxy Mega GT-I9150 atau GT-I9152 secara keseluruhan Adalah sama, pembedanya hanya terletak di Dual Simcard untuk GT-I9152. Untuk smartphone seri ini memiliki prosessor Dual core 1,4 GHz cukup lumayan kencang untuk menjalankan aplikasi dari android, pasalnya aplikasi dijalankan dengan kemampuan dual prossesor secara bersamaan, yang perlu diperhatikan adalah kemampuan RAM pada Samsung Galaxy Mega ini dengan 1,5 Gigabits mampukah menjalankan multitasking aplikasi android? "saya menjawab MUNGKIN".
Pathologinya seperti ini, Samsung Galaxy Mega ditanamkan oleh vendor Samsung dengan aplikasi yang melimpah, seperti Chatting, sosial media, alat penghemat daya, thema TouchWiz UI, Maps, Weather, serta Aplikasi Google (GAPP), kemampuan Samsung Galaxy Mega mampu menjalankan dengan sempurna Aplikasi bawaan ini, karena telah melewati beberapa uji kelayakan dari vendor pabrikasinya.
Untuk mengoptimalkan Samsung Galaxy Mega anda harus lebih smart menganalisa kegunaan RAM yang telah digunakan oleh Aplikasi bawaan tersebut, bila anda lebih banyak lagi menanamkan aplikasi tambahan beban penggunaan RAM akan semakin besar!
Pengalaman membuktikan, Prosessor Dual-core dengan ram 1,5 GB dan internal storage total 8GB, setelah di lihat Memory Internal masih diatas 4GB namun untuk menjalankan aplikasi terjadi "Lag", ini terjadi biasanya aplilasi running hide background terlalu banyak, akibatnya proses berjalanya aplikasi secara multitasking menjadi tidak sempurna.
Tips dan trik untuk optimalkan kinerja smartphone anda seperti ini:
Pemilihan aplikasi tidak menyerupai fungsi dari aplikasi bawaan, kalaupun sama anda. harus disable aplikasi bawaan tersebut, misal "download tema, tema bawaan berjalan Menggunakan RAM 24MB anda memilih tema baru penggunaan RAM harus dibawah 24MB".
Penambahan aplikasi sesuai keinginan kita memilih aplikasi tanpa ADS (iklan). Biasanya aplikasi dengan iklan lebih berat dibandingkan aplikasi tanpa iklan, karena Aplikasi android berjalan diikuti paket data yang bekerja.
Hindari aplikasi optimiser yang berlebih, cukup pilih 1 aplikasi saja.
Berikut adalah tips optimalisasi kinerja android anda, semoga bermanfaat. Modding "Try and Error"

Disqus Comments