Cara Optimalkan Ponsel Anda


Selamat sore teman-teman, sore ini Flash Ponsel ingin berbagi bagai mana caranya ponsel smartphone anda bisa berkerja secara optimal, multi fungsi dan tepat sasaran. Belakangan ini vendor besar seperti Microsoft, Apple, Motorola, HTC, Samsung, LG, Xiaomi, Blackberry, dan banyak lagi mereka saling berlomba menciptakan produk gadget serba canggih dan spesifikasi yang dasyat, bahkan brand local yang ber edar di indonesia pun ikut berusaha menyerupai mereka, tahap demi tahap Market yang ada dalam aplikasi andalan vendor tersebut ikut berkembang software yang mereka ciptakan mengikuti perkembangan teknologi hardware gadget tersebut, hasilnya ponsel smartphone yang keluar pada tahun lalu kualahan untuk mengikuti perkembangan software di market masing-masing vendor.
Mekanismenya seperti ini:
  1. Aplikasi saat ini kebanyakan menggunakan akses internet, dan aplikasi tersebut walaupun sudah tertutup dan tidak di gunakan dia akan memakan memory pada ponsel anda, hasilnya kinerja ponsel anda akan melambat.
  2. Apliksi kedua selain bawaanya, misal Kamera untuk mendapatkan edit foto biasanya mendownloads aplikasi kamera yang terdapat di market, biasanya aplikasi kedua seperti ini konek terhadap beberapa sosial media, ini juga menyebabkan aplikasi tersebut tidak bisa tertutup sempurna, namun akan running on bakground dengan mengakses data internet anda.
  3. Aplikasi Games bila dijalankan nampak offline dan tidak koneksi dengan internet, namun bila games tersebut membaca adanya koneksi data, aplikasi tersebut akan mengeluarkan iklan pada atas, bawah, atau disamping-samping layar smartphone anda!! artinya games tersebut banyak merequest komponen system pada ponsel anda sehingga kinerja menjadi kurang optimal.
  4. Aplikasi Antivirus, Pembersih, Optimal ram, aplikasi ini digunakan untuk meningkatkan kinerja smartphone anda! benarkah? Benar apabila beberapa aplikasi yang dipasang ada satu saja terpasang dan tidak ada aplikasi sejenis dari bawaan pabrikan sangat berguna, namun bila bersamaan dan aplikasi sejenis, maka mereka akan membersihkan namun akan membuat penuh Ram anda, tentu saja aplikasi ini tidak dapat anda tutup sempurna.
Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang kurang sesuai untuk gadget anda bila anda salah menggunakan/memasang aplikasi tersebut, untuk mengoptimalkan gadget anda, ada trik yang jitu, ini sudah digunakan di beberapa gadget yang saya gunakan dan hasilnya memuaskan, Bateri tahan lama, data internet yang tidak berlebihan, optimal untuk multitasking.


  1. Downloads Aplikasi No-Ads tidak terdapat iklan pada aplikasi tersebut (biasanya berbayar)
  2. Downloads Aplikasi Hindari meyerupai Aplikasi bawaan dari pabrik, misal terdapat apliksi optimal batrai, tidak perlu downloads aplikasi serupa
  3. Matikan data bila benar-benar fungsionalnya tidak perlu.
  4. Update aplikasi bawaan bila ada perinatah dari market (tidak direcomendasikan untuk Android OS 2) bila anda mengunakan Android OS 2 usahakan tidak usah update aplikasi karena kompatibilitas disarankan untuk android Jellybean (minimum)
  5. Update aplikasi yang tertahan akan menyebabkan permintaan berjalan secara sembunyi pada aplikasi tersebut, akibatnya pengunaan Temp (windows) Ram (android, ios) akan semakin besar efeknya batrai menjadi boros dan cepat panas.
  6. Gunakan Gadget anda sesui Fungsi, menjadi gadget Office atau gadget gaming, pemilihan aplikasi dibedakan untuk setiap gadget anda
  7. Posisikan Gadget anda sesuai pada suhu tingkat standar, panduan ini biasanya tertera pada buku panduan gadget anda, usahakan gadget anda dalam suhu batrai dan mesin stabil tidak panas
  8. Pemilihan Kartu Provider yang tepat, untuk wilayah yang kurang baik untuk satu provider anda harus mengganti kartu provider anda, karena jaringan jelajah yang dilakuakn ponsel bila payah sinyal maka ponsel anda cepat panas, apabila terpaksa harus menggunakanya matikan jaringan Data Internet anda, berpindah ke wifi local.
Semoga bermanfaat, Modding "Try and Error".

Artikel terkait yang mungkin Anda cari:

Related Posts

Lihat Lagi