Gagal Update OTA Asus Zenfone 5 (A500CG)

Pagi teman-teman, di hari dengan suasana yang cerah khususnya daerah Kutai kertanegara tenggarong kaltim, serta tidak lupa secangkir kopi bersama satu bungkus rokok saya menulis blog ini hahaha.. Mungikin teman-teman pernah mengalami khasus ponsel Android asus zenfone 5 mengalami kegagalan saat update OTA OS diatasnya, misal pada ponsel zenfone 5 anda masih OS android 4.3 versi lama, maka untuk upgrade ke versi OS Android kitkat 4.4.2 butuh waktu lama, anda harus update satu persatu hingga naik sempurna ke OS 4.4.4 (kitkat). kejadianya seperti gambar 1 dibawah ini:

Gambar 1.   Asus Zenfone 5 (A500CG) 

ASUS ZENFONE 5 (A500CG) ini di keluarkan dengan menggunakan chipset intel (x86), maka teknologi yang ada didalamnya pasti memiliki kecanggihan layaknya Prosessor Intel Dekstop (86x) walaupun perbandingan kecepatan dan kemampuanya berbeda, tetapi pada kinerja dan kecanggihanya adalah sama. Ponsel Asus Zenfone 5 ini mempunyai bootloader yang bagus, karena pembanding loader selama ini yang ber edar di pasaran hanya ada beberapa yang terkenal yaitu, MSM Snapdragon (Qualcomm), MTK (MediaTek), dan Rockchip, ketiga vendor besar ini mendominasi gadget yang beredar di pasar gadget indonesia. Bootloader yang ditamamkan pada Chipset Qualcomm dan Intel (x86) biasanya loadernya kokoh, kerusakan data, recovery, atau system Bootloader kedua vendor ini masih bisa diakses, jadi para calon developer gadget aman untuk memilih ponsel jenis ini, karena modifikasi bisa dilakukan everywhere anywhere tidak tergantung oleh PC/Laptop, dengan koneksi internet dan kemampuan untuk moding pasti dapat dilakuakan, karena kemungkinan untuk mati total sangat kecil.
Untuk Khasus Bootloop pada Asus Zenfone 5 terjadi saat saya update OTA ke versi OS kitkat 4.4.2 pada awalnya OS android ini masih 4.3 versi pertama, setelah saya dowloads Firmware Zenfne 5 di website official Asus selelu gagal Update, ternyata pada system update zenfone 5 ini memerlukan tahapan-tahapan yang harus sesuai dengan versi unix dari ponsel tersebut. Kinerja system update pada ponsel ini dimisalkan seperti ini: versi android jellybean 4.3 versi 1 tidak dapat update ke versi kitkat 4.4.2 versi 1, update dilakukan harus melalu tahap 4.3 versi 1 update ke 4.3 versi 2 hingga seterusnya sampai update 4.4.2 versi 1.
Untuk dapat update ke versi 4.4.2 biasanya anda harus mendownloads beberapa firmware sebelum versi kitkat 4.4.2, ada cara yang mudah untuk update ke versi diatasnya namun tidak perlu downloads beberapa firmware, caranya sebagai berikut:
  • Downloads Firmware terbaru Asus Zenfone 5 disini
  • Pastikan Sesuai Seri pada Zenfone Anda, misal seri WW atau CN
  • Misal Hasil Downloads anda adalah WW_500_1017_1021_20141021.zip ektrak satu kali hingga file menjadi UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user.zip
  • Copy File hasil ekstrak tadi (UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user.zip) kedalam Folder Tools ADB tanpa Folder direktorinya "z://xxx/adb-fastboot-tools/UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user.zip"
  • Kemudian buka file UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user.zip ektrak file boot.img, fasboot.img file ini yang digunakan untuk Flashing via Fastboot
  • Downloads ADB Fastboot Beserta drivernya, Seperti artikel lalu cek disini
  • Jalankan CMD dengan Akses Administrator (bila pada windows)
  • Matikan Ponsel anda, masuk via Fastboot move, untuk Asus Zenfone 5 Posisi Mati Tekan Tombol POWER + VOLUME UP hingga timbul logo Asus dan Masuk Droidboot.
  • Sambungkan phonsel ke PC anda, ketik pada CMD "fastboot devices"
  • Proses Flashing, dimulai:
    • fastboot erase boot
    • fastboot erase fastboot
    • fastboot erase system
    • fastboot flash boot boot.img
    • fastboot flash fastboot.img
    • fastboot reboot-bootloader
    • fastboot flash update UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user.zip
  • Tunggun Hingga proses selesai dan Reboot ulang ponsel anda.
Demikian Proses Update Asus Zenfone 5, Saya melakukan proses flashing boot.img dan fastboot.img pada awal sebelum update bertujuan untuk membuat error pembacaan versi pada system log data android, karena system telah terhapus oleh fastboot maka Asus Zenfone 5 ini secara otomatis update seluruh system yang diflash, hasilnya pada saat ponsel anda menyala "Update Gagal/Fail Upadate" namun tidak perlu risau, cek setting-about versi Asus Zenfone 5 anda menjadi Kitkat 4.4.2
Demikian dari saya semoga berhasil, Moding "Try and Error". Bila Ponsel anda belum mengalami Bootloop atau hardbrick maka belum dikatakan Modding hahaha.. salam.

Artikel terkait yang mungkin Anda cari:

Related Posts

Lihat Lagi