Kecepatan Internet di Indonesia HSDA+/HSDPA/3G sekelas EDGE

Selamat Siang teman-teman, hari ini flashponsel ingin berbagi sekaligus cuthat, mungkin juga bisa dikatakan berkeluh kesah tentang konesi internet di indonesia khususnya diluar pulau jawa.
Anda bisa perhatikan gambar 1. dibawah ini.


Dari gambar 1. diatas apakah yang anda bayangkan? G= GPRS E= EDGE 3G= WCDMA H= HSDPA H+= HSPUA LTE= 4G, nah dengan keterangan ini anda bisa menyimpulkan bila tertera H dan H+ bahkan 4G pada gadget anda anda bisa merasakan nikmatnya berjalan-jalan di dunia maya bahkan tontonan youtube tanpa hambatan.. nyaman
Lain halnya bila pada gadget atau tampilan popup software modem anda E saja, rasanya dunia ini terasa hampa, hidup pun bersyukur mati pun segan hahaha.. galau habis, bisa sampai ke baper juga tuh.. pergi ke facebook dibilang "silakan kesini koneksi anda yaa begitulah", masuk youtube "Maaf anda bisa menampilkan layar hitam dan animasi loading ya harap maklum!! kamu rapopo??"
Tadi saya sempet berkunjung di situs resmi microsoft dan menemukan gadget windows phone dengan spesifikasi bla..bla..bla.. dan saya sadar menemukan spesifikasi jaringan sebagai berikut:


  • GSM network: 850MHz, 900MHz, 1800MHz, 1900MHz
  • GSM max data speed DL: EGPRS 296.0kbps
  • GSM max data speed UL: EGPRS 236.8kbps
  • WCDMA network: Band 1 (2100MHz), Band 5 (850MHz), Band 8 (900MHz)
  • WCDMA max data speed DL: 42.2Mbps
  • WCDMA max data speed UL: 5.76Mbps
  • LTE FDD network: Band 1 (2100MHz), Band 20 (800MHz), Band 3 (1800MHz), Band 7 (2600MHz), Band 8 (900MHz)
  • LTE max data speed DL: 150 Mbps
  • LTE max data speed UL: 50 Mbps


Abaikan Keterangan Spesifikasi diatas (untuk Sementara), pada gambar 2. pernahkan anda mengalaminya? dengan Logo H+ di navbar gadget anda kecepatan Hanya 195,33 kbps, anda akan menikmati kelancaran dan kenyamanan berjelajaah di dunia manya dan sosial media, temen-teman akan merasakan begitu dekatnya mereka dengan kita saat sosial media dan chatting itu lancar.
Namun ada hal yang janggal, apakah itu kecepatan saat logo terbaca H+ atau H?
Coba kita kaji ulang saat ini perkembangan TI dunia sangat pesat, developer dunia mengembangkan aplikasi perangkat lunak hingga spesifik mungkin sampai merammbah ke jaringan internet. Aplikasi bawaan Google atau vendor local sekarang ini tidak akan membiarkan customer mereka (pengguna internet) yang mesih menjunjung tinggi koneksi internet lambat, untuk meninggalkan aplikasi tersebut, para pengembang aplikasi seperti browser (google chrome, opera, ucweb, dan lainya) menggunakan teknologi kommpresi data yang sangat bagus, sehingga mereka yang menggunakan koneksi internet sekelas GPRS dan EDGE mampu menggunakan dan bisa berjalan-jalan di dunia maya secara lancar. Aplikasi Steaming Videos seperti Youtube saat ini meninggalkan Flashplayer dan menggunakan Java untuk menampilkan Videos, dengan Java tersebut smartphone hingga ponsel yang berbasis platform j2me mereka mampu menampilkan videos, bila masih menggunakan Flashpayer hanya basic perngkat tertentu yang bisa mengaksesnya. Youtube juga memiliki script website yang mampu mambaca para pengunjung dengan menggunakan platform gadget yang masuk dengan koneksi lambat, mereka akan secara otomatis menampilkan kulitas videos low yaitu 240p bahkan bisa tampil kurang dari 240p.


Setelah ditinjau ulang maka teman-teman bisa menyimpulkan, seperti apa koneksi internet di indonesia?
Para pengembang membantu meberikan fasilitas bagi para pengguna konesi lambat, sedangkan ISP di indonesia senantiasa meningkatkan jaringanya hingga sekelas 4G LTE memang sangat-sangat luarbisa cepat bila dibangingkan dengan koneksi sekelas EDGE dan 3G, namun apakah kecepatan yang kita peroleh sepadan dengan standart spesifikasinya?
Faktor penyebab lambat pasti ada, dan Solusinya juga pasti banyak, nah buat apa lagi ya Koneksi dibuat lambat?

NOTE:
Buat pengunjung yang setuju dengan saya mohon shared Artikel ini, agar bisa buat semangat para ISP meningkatkan kecepatanya, bukan tingkatan namanya saja, HSDPA sekelas EDGE lalu 4G sekelas Apa ya?

semoga artikel ini bermanfaat, salam modding dari Flashponsel

Artikel terkait yang mungkin Anda cari:

Related Posts

Lihat Lagi